Sabtu, 24 Agustus 2013

Mental Block? Siapa Takut !

Salam manis *Sambil ngaca.

 Baiklah sahabat-sahabatku yang kuper, kali ini kita akan sedikit serius dalam menata kehidupan gue yang berharga ini, entah kalian merasa berharga atau ga seperti gue ini, untuk berjuang keras melawan musuh yang lumayan sulit dan sering kita hadapi, sesulit para penyerang timnas Indonesia membobol pertahanan timnas Italia, dan sesering zargon menyerang kamen rider RX yang akhirnya mereka semua musnah dengan pedang matahari, sekarang musuh kita ini gue kasih inisial dengan penamaan "MB".

 Loh? emang berapa kuota musuh kita itu? 

 Baru juga MB kan, belum sampe GB, lagian gue yakin beberapa yang beruntung diantara kalian pasti memiliki memory eksternal berupa hardisk, tapi sayangnya kita lagi ga membahas "MB" yang itu.

 Terus Bengz, kenapa musuh kita sekarang ga lo inisialin bunga aja?

 Alesan gue ga pake inisial bunga adalah karena ini bukan acara rekontruksi acara kriminal pencabulan yang dimana pelakunya masuk tipi tapi tetap memakai masker sehingga keluarganya di rumah ga bisa bercerita kepada tetangganya kalau ada saudaranya masuk tivi serta suaranya di samarkan sehingga lebih mirip dengan anak tikus yang baru dilahirkan itu.

To the point aja deh Bengz, apa yang lu maksud MB ini? kenapa aku yang selalu salah?

 Dear bungkus mecin sahabatku yang kuper, sebenernya dari tadi gue udah mau jelasin tentang apa dan siapa sebenernya musuh kita yang gue pake inisal "MB" ke lu ini, tapi lunya aja terus berkicau udah kaya kang sayur yang bangun kesiangan.

Oke, gue harap lu bisa duduk tenang dan baca penjelasan gue ini dengan seksama.

 MB, inisial ini barusan gue dapet dari tante gue yang berprofesi sebagai psikolog, MB(tanpa huruf i di depannya, karena kita ga ngebahas tentang kontes salah satu televisi suasta itu) adalah sebuah kepanjangan nama dari penyakit psikis "Mental Block", satu pertanyaan udah terselesaikan tentang misteri inisial musuh kita ini, lanjut dengan perngertiannya. Setelah dakwah singkat berdurasi kurang lebih 3jam yang gue terima dari tante gue tentang MB ini adalah gue dapat menyimpulkan kalo MB adalah : 

"Suatu sugesti ilusi negatif diri sendiri tentang beberapa hal yang akan kita kerjakan dengan menarik kesimpulan sementara bahwa kita TIDAK BISA mengerjakannya"

 Ini adalah suatu penyakit psikis yang bisa menyerang siapa saja, kapan saja, dimana saja dan bisa diminum sebelum makan. Anak masa kini yang sangat kompetitif dalam mengarungi pergaulan yang berkembang di dunia luar (baca:alay) lebih comfort menyebutnya dengan Negthink, tapi kasus yang kita bakal hadepin ke depan ini bukan sikap negatif thinking yang ditujukan kepada orang lain, melainkan sikap pesimis dan meremehkan diri kita sendiri yang sering timbul terhadap hal-hal baru yang belum pernah kita lakukan.

 Kalah sebelum berperang itu pecundang guys ! inget itu, kalo kamu ga bisa mengatasi musuh kita yang satu ini secara langsung kamu akan menjadi pecundang yang sebenar-benarnya pecundang. Supaya ga keder dari tadi baca pengertian, gue kasih contoh gampang dan real tentang MB yang paling sering muncul di kehidupan sehari-hari ini  :

~ Mana mungkin bisa gue benerin lampu itu? gue kan lulusan sekolah tataboga.

 Padahal problemnya adalah hanya karena lampu  si Entong di kost'n putus, penyelesaian pun hanya tinggal pergi ke warung klontong terdekat, beli lampu baru, ganti yang lama, beres.
  Di kasus ini si Entong langsung berfikir kalo lampu yang mati tersebut karena terjadinya konslet arus pendek atau apalah itu yang berakibat fatal, karena semaleman si Entong memakai lilin sebagai penerangan di kamar kostnya, esok paginya langsung santer terdengar kalo si Entong benar-benar berbisnis sebagai babi ngepet, miris.

ataupun ada kasus seperti ini:

~ Kuliah? pengen sih, tapi Nyun sadar diri kok kalau keluarga Nyun bukan keluarga yang berada, bahkan untuk sebatas makan sehari-hari aja udah susah.
 Nyunyuun nyunyun, Helloo, apa masih ada diantara kalian yang masih bermental block seperti kawan kita si Nyunyun ini? apa kalian berfikir Allah  buta, tuli atau tidur? atau kalian tidak pernah mendengar suatu sistem program yang berjudul beasiswa?ckckckckckckck.

  Gue rasa dengan 2 kasus di itu kalian udah paham tentang musuh kita ini yang gue sebut dengan MB dengan jelas. 

 Iya Bengz, gue ngerti kok, terus gimana cara ngalahin si MB ini?

  Benar-benar pertanyaan yang kuper, gue seneng kadang-kadang sebiji kecil kacang di kepala kamu yang bernama otak itu bisa bekerja dengan lancar. jadi, Gue punya 3 cara jitu buat ngalahin musuh kita kali ini, dan kamu ga perlu repot-repot ngeluarin pedang matahari dari sabuk 25ribuan kulit imitasi itu buat ngalahin si MB ini, cekidot !

1. Isi penuh full-tank Keyakinan

  Cara pertama dari gue untuk ngalahin MB ini adalah pengoptimalan keyakinan positif atas usaha yang kita lakukan nanti akan berhasil, kenapa gue judulin cara ini dengan kata-kata full-tank? karena gue bakal ngambil analogi bahwa kita adalah motor yang membutuhkan bensin untuk bisa terus mengoperasikan mesinnya, gue ga nulis agar motor bisa jalan karena gue rada ngeri kalo motor bener-bener bisa jalan, hiii..

 Bensin = (+) 
 Air = (-) 
 Motor = (kita)

 Gue rasa Afika pun tau kalo oreo itu makannya mesti diputer, dijilat, terus dicelupin, diangkat-celup-angkat-celup, loh? Jadi, gue pun harap kalian mengerti analogi yang gue kasih, dan kalo gatau, karena gue berbudi pekerti baik serta rajin menabung dan tidak sombong, gue kasih tau kalo motor itu ga akan pernah bisa jalan maju kalau kamu isi dengan air, harus dengan bensin.

2. Hilangkan Keyakinan

  Kalo  cara pertama tadi masih kurang ampuh karena komposisi dominan keyakinan negatif kamu lebih besar dibandingkan dengan keyakinan positifmu, cara ini menjadi jalan selanjutnya untuk menghadapi Mental Block Syndrome  yang sudah terlanjur menyerang diri kamu, sebaiknya kamu diam, duduk tenang, berfikir jernih dan meminum air putih, ingat! air putih, bukan endrym! 

 Diam sejenak dan kosongkan pikiran merupakan cara yanag ampuh sebelum kita kembali melakukan perkerjaan yang sebelumnya kita ragu untuk bisa menyelesaikannya, karena otak itu butuh istirahat, dan kenapa gue menyarankan minum putih adalah untuk memberi oksigen yang cukup untuk otak kita kembali berfungsi dengan baik dan berfikir konsisten lurus bahwa hal itu dapat kita lakukan.

3. Coba !!!

 Apa kedua cara tersebut udah kamu lakukan dengan benar? nah, this is the most important things, penyelesaian dari Mental Block yang melanda diri kalian. Coba!!

 Lakukan, shanggup ga shanggup ya mesti di shanggupin, itu kutipan kata bijak dari Mas Dhanang di salah satu stasiun televisi yang acaranya akhir-akhir ini gue sering tonton. ga usah peduliin iklan minyak kayu putih itu kalo kamu harus ragu buat coba-coba, sebelum kalian jadi pecundang yang kalah sebelum berperang, lebih baik mati di medan perang, cobalah. Singkirkan semua persepsi positif dan negatif yang ada di benak kamu, lakukan semampumu, beri yang terbaik!

  
jangan pernah mau terjebak di dalam MB !!

   
Oke guys, itu adalah beberapa cara melawan Mental Block yang sering datang tiba-tiba padahal tak diundang, tanpa pesta kecil-kecilan pula. Sekian penjelasan gue kali ini tentang suatu penyakit psikis lengkap dengan cara melawannya, gue harap kalian siap kalo nanti tiba-tiba Mental Block menyerang kalian, kalo emang kamu lupa ya gue sih berharap pertama kamu inget sama Allah! iya, Allah, baru nanti baca lagi penjelasan melawan Mental Block Dari gue okeh !

Jangan pernah terkekang oleh pikiranmu sendiri, apalagi itu adalah sebuah pemikiran negatif yang sama sekali tak berguna untukmu, malah kamu akan menjadi golongan yang merugi nantinya.


keep enjoy read my blog !!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik ialah pembaca yang meninggalkan komentar dengan ejaan yang tidak rancu untuk dibaca, walaupun tidak sesuai dengan EYD, tapi setidaknya bukan tulisan bercampur huruf, karena ini blog, bukan tempat cetak plat nomor motor/mobil.